@szkuLL

@szkuLL
Jade, iNdRy, SeLLa, dll

Kamis, 02 Juni 2011

Misteri Yeti si makhluk salju yang misterius...




The Yeti atau keji Snowman adalah kera -seperti cryptid mengatakan menghuni Himalaya wilayah Nepal , India dan Tibet . The Yeti nama dan Meh-Teh yang biasa digunakan oleh masyarakat adat ke wilayah, dan merupakan bagian dari sejarah dan mitologi. Cerita dari Yeti pertama muncul sebagai segi budaya populer Barat di abad ke-19.
Komunitas ilmiah umumnya menganggap Yeti sebagai legenda , mengingat kurangnya bukti konklusif, namun tetap menjadi salah satu makhluk yang paling terkenal dari cryptozoology . Yeti dapat dianggap sebagai semacam sejajar dengan Bigfoot dari Amerika Utara .





Pra-abad ke-19

Menurut H. Siiger, Yeti adalah bagian dari kepercayaan pra-Buddhis beberapa orang Himalaya. Dia diberitahu bahwa orang-orang Lepcha menyembah "Glacier Menjadi" sebagai Allah dari Hunt. Dia juga melaporkan bahwa pengikut Bon agama pernah percaya darah dari "rgod mi" atau "orang liar" telah digunakan dalam ritual magis tertentu. Yang sedang digambarkan sebagai makhluk mirip kera yang membawa batu besar sebagai senjata dan membuat suara bersiul.
Sampai tahun 1960-an, kepercayaan dalam yeti relatif umum di Bhutan dan pada tahun 1966 cap Bhutan dibuat untuk menghormati makhluk itu. Namun, pada abad pertama keyakinan-dua puluh yang sedang menurun.

Abad ke-19

Pada 1832, James Prinsep 's Journal of Asiatic Society of Bengal diterbitkan trekker BH Hodgson 'account pengalamannya di utara Nepal . pemandu lokal Nya melihat makhluk, tinggi bipedal ditutupi dengan rambut hitam panjang, yang tampaknya untuk melarikan diri dalam ketakutan. Hodgson menyimpulkan itu adalah orangutan .
Catatan awal dilaporkan jejak kaki muncul pada 1889 di Laurence Waddell s 'antara Himalaya. Waddell melaporkan's Pedoman deskripsi tentang makhluk mirip kera besar yang meninggalkan sidik jari, yang Waddell pikir dibuat oleh beruang . Waddell mendengar cerita tentang bipedal, makhluk mirip kera tapi menulis bahwa dari banyak saksi dia mempertanyakan, tidak ada "yang bisa memberikan ... kasus yang otentik. Pada penyelidikan dangkal kebanyakan selalu diselesaikan menjadi sesuatu yang orang pernah mendengar tentang."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar